Rabu, 21 April 2010

PERSIAPAN BUDIDAYA LOBSTER AIR TAWAR (LAT) ALA SATRIA

Berdasarkan pengalaman yang telah saya ceritakan pada postingan saya sebelumnya, maka saya dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:


Yang paling pertama dan utama untuk memulai budidaya LAT adalah: HARUS SIAP!!! Siap dalam artian siap segalanya, baik itu mental, spiritual, materi, rohani dan jasmani. (Belagu banget ni penulis, baru 1 minggu melihara LAT).

Penting ga sih..? ya penting lah, siap mental jikalau terjadi kegagalan dalam budidaya LAT. Mental harus kuat supaya tidak stres, juga harus dibarengi dengan spiritual yang mantap agar selalu ingat kepada Nya. Apapun yang terjadi adalah kehendaknya, kita hanya berusaha tapi Dia yang menentukan (ciye..ciye..ciye..). Kesiapan materi juga harus mantap, karena dalam usaha budidaya LAT ini walau dengan skala yang paling kecil sekalipun kita harus merogoh kocek ratusan ribu rupiah (detailnya akan saya paparkan.red). Begitu pula dengan jasmani dan rohani tentunya harus sehat wal afiat dunk..(kalo sakit, diajak makan aja malas apalagi kerja. Mr.Deandi).

Seperti yang telah saya janjikan pada paragraf ke 3 diatas, akan saya paparkan detail materi yang harus dikeluarkan untuk memulai budidaya LAT ini. Rinciannya adalah sebagai berikut:

A. Pengadaan LAT
1. Indukan LAT ukuran 4in 1 set (3 Jantan, 5 Betina) = 200 rb
2. Ongkos Kirim (dari banjarmasin) = 30 rb
3. Box styrofam = 30 rb
4. Pakan (pelet khusus udang) 2kg = 20 rb
Jumlah = 280 rb

B. Pengadaan Alat
1. Wadah penampungan (bikin sendiri) = 30 rb
2. Aerator = 25 rb
3. Pompa + Filter = 75 rb
4. Bata roaster 2 buah = 14 rb
5. Paranet = 17 rb
Jumlah = 161 rb

Jadi, total biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar 441 rb rupiah, itu hanya untuk persiapan awal, setidaknya sampai ada indukan yang bertelur kira-kira 2 minggu setelah dikawinkan. Untuk selanjutnya belum terfikirkan. Rencananya sih kalo sudah ada yang bertelur baru saya mau buat 1 wadah penampungan lagi.

Nb : Data tersebut berlaku hanya di wilayah Palangka Raya dan sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu (berdasarkan pengalaman saya.

3 comments:

imay mengatakan...

semoga berhasil ya..

Satria Lobster Air Tawar mengatakan...

tanks ya bunda..

Anonim mengatakan...

mas bisa minta contact yg jual indukan LAt dari Banjarmasin? posisi saya bpn.

Posting Komentar

SHARE EXPERIENCE © 2008 Por *Templates para Você*